Kamis, 21 April 2011

Rumus Jari-jari Lengkung Kanopi

Dalam pembuatan lengkung kanopi kebanyakan orang menentukannya hanya dengan cara dikira-kira saja. hal ini tentu saja hasilnya pun tidak akan sebaik dengan cara mempergunakan perhitungan. Padahal dengan cara mengetahui jari-jari lengkungnya maka akan bisa membuat yang jauh lebih baik, karena akan lebih simetris. Tentu saja pertama-tama kita harus bisa menentukan dulu berapa jari-jari dari lengkung yang akan kita buat.

Disini kami akan mencoba menuliskan rumus turunan sehingga akhirnya terbentuk rumus jari-jari lengkungnya :
Dalam pembuatan kanopi P dan Q sudah bisa ditentukan dari pengukuran di lapangan.
Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat bagi pembaca.

3 komentar:

  1. Lalu, bagaimana teknik membuat lengkungan yang baik dan kuat jika qta ingin membuat kanopi dengan pola diatas??? Ukuran Minimum Holow yang baik berdiameter berapa??

    BalasHapus
  2. Pertama-tama tentu saja kita harus menentukan dulu jari-jari lengkungnya. setelah itu buat gambar menyerupai lengkung kanopi sesuai jari-jari tadi pada lantai yang rata. Kemudian potong pipa yang akan digunakan untuk lengkung kanopi sesuai ukuran. Rol dan mal-kan pipa tersebut pada gambar lengkung tadi. Apabila teknik ngerolnya benar Insya Allah hasilnya simetris.
    Untuk pemilihan ukuran hollow yang baik lebih ditentukan oleh ukuran kesar kecilnya kanopi itu sendiri. semakin besar kanopi yang dibuat maka semakin besar pula ukuran hollow yag diperlukan, begitupun sebaliknya. Akan tetapi untuk perumahan standar pada umumnya cukup dengan menggunakan hollow ukuran 4x4 cm. Tentu saja kuran 3x3 cm masih bisa digunakan selama memenuhi segi aspek kekuatan dan estetika.

    BalasHapus